Senin, 07 Januari 2008
Doa (lanjutan-3) - Usaha agar doa dikabulan
VI. Yang Menyebabkan Dikabulkannya Do’a

Beberapa langkah yang diajarkan oleh Allah, Rasulullah dan para salafushalih agar kita bisa berdoa dengan baik, antara lain :
1. pilihlah waktu-waktu yang tepat untuk berdo’a diantaranya hari Arafah, sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan, hari Jum’at, sepertiga malam terakhir, waktu sahur, sesudah wudlu, antara adzan dan iqomat, setiap selesai shalat fardhu dan lain-lain.
2. manfa’atkan keberadaan diri kita untuk meraih kesempatan berdo’a
Rasulullah menjelaskan, diantara do’a yang mustajab (dikabulkan) adalah do’a orang tua untuk anaknya, do’a anak yang berbakti dengan baik kepada orang tuanya dan do’a seorang muslim untuk saudaranya yang muslim, tanpa diketahui oleh saudara yang dido’akannya.
3. mulailah berdo’a dengan memperbanyak puji-pujian kepada Allah
4. mengangkat kedua tangan
5. jangan mengeraskan suara
6. sebelum berdo’a, ucapkan istighfar dan mohon ampunan kepada Allah atas seluruh kesalahan dan dosa yang kita lakukan
7. konsentrasi dan khusyu’
8. hindari berdo’a untuk keburukan
9. tidak tergesa-gesa agar do’a dikabulkan
10. berdoalah kepada Allah dalam segala kondisi dan keadaan

Selain semua itu, tentu yang terpenting adalah keikhlasan dan kebersihan hati kita. Murnikan harapan dan keinginan dalam berdo’a untuk kebaikan mencapai keridloan Allah. Ingatlah, kehadiran kita di muka bumi ini mengemban amanah sebagai hamba yang beribadah kepada Allah (‘abid) dan memenuhi bumi ini dengan keadilan dan kebenaran (khalifah).

sumber portal divre III
posted by Fadli @ 18.53  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 
 

Pasang radiobox ini!

Keluarkan radiobox (pop up)

.....
Foto Saya
Nama:
Lokasi: batam, kep.riau, Indonesia
Udah Lewat
Arsip
motto
bacalah...bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu...
Surat ALi Imran ayat 191
"mereka yang senantiasa mengingat Allah dalam waktu berdiri,waktu duduk dan waktu berbaring dan mereka senantiasa memikirkan tentang kejadian langit dan bumi, seraya mereka berkata :Wahai Tuhan kami,tidak engkau jadikan semua ini dengan sia-sia.Maha suci Engkau, maka jauhkanlah kami dari azab api neraka"
dunia

ketika hari mulai gelap...kelamlah semua pandangan...sirna sudah rasa yang ada...tinggallah raga diam terpaku...menunggu waktu berlalu...kan kah ada asa tersisa...untuk esok hari...jika sang surya menghadirkan diri...

Links
Template by
Free Blogger Templates